Bertikai dengan Windows 7 Starter

Lucu benar yang saya alami beberapa hari belakangan ini. Hanya karena sesuatu yang sepele sih memang menurut saya. Saya ingin merubah tampilan latar belakang layar netbook saya. Tak saya sangka, ternyata butuh perjuangan dan rasa tak nyaman di hati dengan seorang teman. Klise.

Dari awal saya menerima netbook ini di tangan saya, saya melihat ada sesuatu yang mengganggu penglihatan saya. Saya melihat logo Windows di layar netbook. Kok jadi ingin segera menggantinya dengan gambar atau foto yang lain, ya? Secepatnya. ASAP!

Mulailah saya mencari-cari pengaturannya, yang ternyata TIDAK ADA sama sekali! Saya mulai berpikir, apa saya sudah menghapusnya tanpa sengaja atau memang tidak ada. Entah mengapa hati saya mengatakan, ada sesuatu yang tidak biasa di pengaturan netbook saya ini. Apa mungkin pengaturan dari pabriknya memang begini? Atau memang Microsoft sengaja mengurangi sesuatu di dalamnya?

Karena belum puas juga setelah mengutak.atik isi netbook, akhirnya saya menghubungi salah seorang teman di Duesseldorf. Hahaha. Jauh sangatlah! Dia sampai menggunakan perangkat lunak yang bisa mengoperasikan netbook saya dari tempatnya di sana. *Ini juga saya baru tahu.* Hasilnya sama sekali tidak menggembirakan. Dia juga tidak tahu penyebabnya, kenapa tidak ada sama sekali pengaturan tentang latar belakang dan dia malah merubah tampilan netbook saya ke Windows Classic, yang saya lebih tidak suka. Akhirnya, agak bersitegang juga dengannya, karena dia menunda untuk mengembalikan tampilan layar seperti awal. Setelah saling „ngotot“, akhirnya saya mencoba sendiri mengembalikan ke tampilan awal dan Alhamdulillah berhasil.

Kemudian tadi siang saya bertanya lagi ke seorang teman di Jakarta yang bekerja di depan komputer. Ternyata dia juga kehabisan ilmu.

Cara terakhir saya adalah, saya harus bertanya ke mbah Google. InsyaAllah ada jawaban kenapa netbook saya tidak punya pengaturan tampilan latar belakang. Alhamdulillah! Ternyata memang ada! Tapi sedikit ribet. Saya harus instal software ini itu.


Tapi, intinya … saya tidak melihat lagi yang namanya logo gambar jendela itu ^^ Apa yang membuat saya bertanya dalam hati dan juga jengkel, kenapa Microsoft tidak menyediakan Pengaturan Latar Belakang di dalam Windows7 Starter? Apa maksudnya? Dari informasi dan perbincangan di internet yang saya baca, memang Microsoft mengurangi aplikasi untuk Windows 7 Starter. Kemungkinan besar adalah karena „Starter„. Tapi, ya sudahlah. Ternyata manusia memang lebih cerdas dari mesin dan saya sangat berterima kasih pada semua IT Engineer di perbincangan itu. Mereka berbagi informasi bagaimana merubah tampilan latar belakang.


Ps: Jika ada yang memiliki masalah yang sama, saya akan membantu dengan senang hati.








Kommentar verfassen

