apa ibu mengerti hak anaknya?

Saya sama sekali gak nyangka akan melihat pemandangan yang hanya pernah saya lihat di layar kaca, tapi hari minggu pagi lalu, akhirnya saya menyaksikannya juga secara langsung.


Sebenarnya hari itu saya dan seorang teman, Yuga, cuma mau jepret beberapa foto di sekitar tengah kota untuk beberapa lomba foto, tapi ternyata Hizbut Tahrir Indonesia bagian Sumut mengadakan Long March ke Gedung DPRD Sumut dan karena menurut teman, yang jurnalis ini menarik, jadi kami ambil beberapa foto.

Akhirnya kami menyusul Risky yang sudah lebih dulu sampai di Gedung DPRD Sumatera Utara. Dan apa yang saya lihat selama di sana? Ternyata begitu banyak peserta unjukrasa yang kebanyakan dari mereka adalah ibu-ibu yang membawa anaknya dalam aksi unjuk rasa menuntut hak-hak perempuan di siang panas hari minggu lalu.

Ibu, apa yang ada di benak kalian sampai tega membawa serta anak-anak kalian yang masih kecil untuk ikut menyuarakan pendapat di siang yang panas begini…? Apa anak-anak kalian sudah mengerti apa artinya hak, kewajiban, demokrasi dan kapitalisme, bahkan politik…?



Kapankah warga negara ini sadar dalam berpikir sebelum bertindak?

Sampai saya sempat berpikir, apa ibu-ibu ini meninggalkan keluarga dan rumah mereka dengan ikhlas dan diikhlaskan pada hari itu? Apa mereka sudah memasak untuk anggota keluarga yang lain sebelum pergi? Dan haruskah mereka membawa anak-anaknya turut serta dalam unjuk rasa? Dimana mereka seharusnya berada di rumah atau ke suatu tempat tamasya dan bergembira di hari minggu?

Saya sangat berharap, setiap ibu yang membaca ini akan peduli dan menyampaikannya kepada ibu-ibu lainnya.


Kommentar verfassen

