Uncategorized

yang namanya „bangsa Indonesia“ itu tidak ada

Akhirnya ada sebuah penegasan dari percakapan Delta Siesta tadi pagi … ngobrol2 … aku dengar … sebenarnya, yang namanya „bangsa Indonesia“ itu tidak ada … sebab dulunya kita semua berbeda bangsa di negara ini … hmm … menurutku „negara“ juga kurang pas … di daerah yang terdiri dari ratusan pulau ini. Sebelum Sumpah Pemuda dikumandangkan, yang ada hanya bangsa-bangsa. Contohnya: bangsa Aceh (atau mereka ini juga terdiri atas banyak bangsa), bangsa Batak dan seterusnya sampai ujung sana alias Merauke. Setelah pesan sms ke Delta Siesta bermunculan, dibacakan yang berasal dari Aceh. „Di sini kami tidak lagi merasa lagi sebagai bagian dari bangsa yang disebut bangsa Indonesia“ … dan aku terkejut? … sama sekali tidak. Opini ini pasti muncul, karena orang2 yg di pusat atau di pulau seberang sana saja yang merasa menjadi bangsa Indonesia. Sedang di sini … semua … mungkin … gak peduli lagi …
Topik sebenarnya juga bukan kali ini saja aku dengar. Waktu aku menemani teman yang mengantar seorang utusan pendonor lembaga bantuan kemanusiaan Cordia Caritas ke Gereja Annai Veilangkani, di mobil kami ngobrol tentang hal-hal yang dia temukan selama dalam perjalan pergi dan pulang. Aku senang dengan semua yang diobrolkan … dan topik terakhir sebelum sampai bandara Polonia, dia bilang, „maaf, ya … tp aku mau tanya … yang namanya bangsa Indonesia itu tidak ada, kan?“ … sepersekian detik aku berpikir … dan langsung ku jawab … „You are right. There is no Indonesian“. Tapi bukannya tanpa alasan aku mengatakan jawaban itu … ya kembali lagi ke bagian atas … jawabannya ada di sana
Kommentar verfassen

